Twitter

Mengapa Remaja Sering Menyakiti Diri Sendiri???

Posted by Gustina Intan Tamara - -


Depressed teen boy
Selama beberapa dekade terakhir, semakin banyak anak muda muncul menarik keluar pisau cukur dan korek api untuk melukai dirinya sendiri, menurut laporan anekdot dari konselor. niat merekatidak mati, hanya untuk menyakiti, sebuah perilaku yang dikenal sebagai mencederai diri sendiri non-bunuh diri (non-suicidal self-injury).
Sebuah studi baru-baru ini mengenai kesehatan mental mahasiswa, disajikan pada bulan Agustus di Rapat American Psychological Association, dimana ditemukan bukti empiris untuk mendokumentasikan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada suatu universitas, tingkat non-suicidal self-injury meningkat dua kali lipat 1997-2007.
Namun, para ilmuwan tidak benar-benar yakin apakah perilaku tersebut benar-benar menjadi lebih merajalela, ataukah mereka hanya mendeteksi kasus, lebih karena kewaspadaan yang tinggi. Dan beberapa peneliti mengatakan bahwa untuk sementara, mungkin ada peningkatan pada tahun 1990-an hingga awal 2000-an, dan kemungkinan daerah yang terkena adalah dataran tinggi sekarang [Lihat: Apakah Anak-Anak Lebih sengaja terluka Sendiri?]
Namun demikian, prevalensi luas non-suicidal self-injury tidak merupakan masalah kesehatan masyarakat. Beberapa studi baru-baru ini telah menemukan beberapa 17-28 persen dari remaja dan dewasa muda mengatakan mereka telah terlibat dalam perilaku di beberapa titik dalam hidup mereka.
Para ilmuwan sekarang menganalisis non-suicidal self-injury dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya, mencoba untuk menjawab sejumlah pertanyaan, termasuk: Mengapa orang melukai diri sendiri? Apakah beberapa orang terprogram untuk melukai diri sendiri? Dan perawatan apa yang bekerja paling baik untuk menghentikan pemotongan?
Konsekuensi dari perilaku ini melampaui kerusakan fisik dan termasuk depresi, kecemasan, isolasi sosial dan peningkatan risiko untuk mencoba bunuh diri, kata Peggy Andover, seorang profesor psikologi di Fordham University, New York.
“Semua konsekuensi negatif itu disatukan, digabungkan dengan fakta bahwa ini adalah suatu perilaku yang sangat umum di sekolah-sekolah tinggi kita, di sekolah kami, hanya di komunitas kami, itu benar-benar menyoroti kenyataan bahwa kita benar-benar perlu untuk mengatasi perilaku ini,” kata Andover.
“Kekacauan” ini juga dapat menjadi resmi pada revisi yang akan datang di the Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental), atau DSM, juga dikenal sebagai “Psychiatric Alkitab,” karena tiba pada tahun 2013.
Bunuh diri primer?
non-suicidal self-injury umumnya didefinisikan oleh para ilmuwan sebagai “penghancuran disengaja diskrit jaringan tubuh tanpa maksud bunuh diri,” ujar Kimberly Harrison, praktisi postdoctoral di Park Center Inc, sebuah pusat perawatan kesehatan mental di Fort Wayne, Ind. “Anda mencoba untuk menghancurkan tubuh Anda dalam beberapa cara tanpa mencoba bunuh diri,” kata Harrison.
Berbagai perilaku sesuai dengan deskripsi ini, termasuk memotong, pembakaran dan ukiran kulit untuk mematahkan tulang, mencegah penyembuhan luka dan menempelkan pin dan jarum pada diri sendiri.
Orang-orang biasanya mulai melukai diri pada masa remaja awal, berusia antara 11 dan 15.
Perkiraan umum untuk persisnya bagaimana perilaku ini menjangkit pada remaja dan dewasa muda ini sangat bervariasi, dari terendah 4 persen sampai setinggi 38 percent. Perkiraan ini sebagian besar didasarkan pada studi yang melibatkan populasi kecil yang hanya terdiri dari beberapa ratus orang. Tapi secara bersama-sama, para ahli setuju bahwa persentase jatuh di suatu tempat pada remaja dewasa dibawah usia 20-an.
Yang paling jelas merugikan dari non-suicidal self-injury itu sendiri adalah timbulnya risiko infeksi dan konsekuensi psikologis seperti perilaku merasa malu dan takut penolakan sosial jika pelaku prilaku ini mengakui telah melukai diri mereka sendiri.
Ada juga beberapa bukti bahwa orang-orang yang terlibat dalam non-suicidal self-injury adalah meningkatnya risiko bunuh diri, meskipun hubungan yang terkuat di antara pasien psikiatri. Para peneliti telah berspekulasi bahwa orang yang baru pertama kali melakukan self-injury mungkin untuk bunuh diri, dengan cara itu mereka mampu mengatasi rasa takut dan rasa sakit yang berasal dari prilaku melukai diri mereka sendiri.
Tapi “sebagian besar orang yang melaporkan non-suicidal self-injury tidak berusaha untuk mengakhiri hidup mereka, mereka berusaha untuk menghadapi hidup,” kata Janis Whitlock, seorang peneliti di Cornell University di Ithaca, NY, yang baru-baru ini diterbitkan sebuah artikel tinjauan mengenai non-suicidal self-injury, “Benar-benar kebalikan dari prilaku bunuh diri.”
Seperti obat-obatan dan seks
Memang, para ahli mengatakan kebanyakan orang terlibat dalam self-injury sebagai cara untuk mengatasi emosi mereka, terutama yang negatif. Dan kebanyakan pelaku self-injury melaporkan bahwa prilaku ini bekerja – prilaku ini menenangkan mereka dan membawa rasa lega.
Menenangkan perasaan ini merupakan hasil yang paling mungkin dari pelepasan endorfin, bahan kimia otak yang menghilangkan rasa sakit dan dapat menghasilkan euforia.
“Orang-orang menggunakan self-injury dalam banyak cara yang orang lain menggunakan narkoba atau alkohol, atau makanan atau seks … untuk mencoba merasa lebih baik dalam jangka pendek,” kata Whitlock.
Orang mungkin juga melukai diri sebagai bentuk hukuman.
Matthew Nock, seorang profesor psikologi di Harvard University, telah datang dengan empat alasan utama untuk terlibat dalam self-injury, baik pribadi dan sosial. model-nya, yang baru-baru ini didiskusikan pada pertemuan APA, menunjukkan bahwa orang-orang melukai diri untuk:
* Meredakan ketegangan atau menghentikan perasaan buruk;
* Merasakan sesuatu, bahkan rasa sakit;
* Berkomunikasi dengan orang lain untuk menunjukkan bahwa mereka menderita;
* Membuat orang lain berhenti mengganggu mereka.
Ada juga bukti bahwa orang lebih cenderung melukai diri mereka jika mereka memiliki citra tubuh negatif ditambah dengan emosi negatif yang kuat dan miskin keterampilan yang sangat besar.
“Itu membuat lebih mudah bagi mereka untuk menyakiti tubuh,” kata Jennifer Muehlenkamp, seorang profesor psikologi di University of Wisconsin-Eau Claire, yang mempelajari kondisi ini.
Beberapa penelitian juga menyarankan biologi adalah bermain. Misalnya, penelitian yang dipublikasikan dalam edisi Juli Journal of Affective Disorders menemukan bahwa non-suicidal self-injury memiliki opioid ((endorphin adalah jenis opioid) dengan tingkat yang lebih rendah dalam tubuh mereka daripada mereka yang tidak melukai diri sendiri. Satu hipotesis adalah bahwa orang-orang yang melakukan self-injury memiliki kekurangan opioid dan melakukannya untuk meningkatkan jumlah opioid alami mereka.
Penelitian akhir-akhir ini melibatkan pasien yang didiagnosis dengan gangguan kepribadian borderline, suatu kondisi di mana orang sering melukai diri sendiri, ditemukan bahwa self-injury dapat menghambat daerah otak yang berfungsi dalam pengolahan emosi.
Sesuatu tentang masa remaja
Masa remaja adalah masa utama bagi perilaku.
“Dari perkembangan persfektif, Anda punya badai yang sempurna untuk self-injury,” kata Whitlock, peneliti Cornell.
Tidak hanya perlakuan kaum muda yang harus menavigasi semakin banyak relasi pribadi, otak dan tubuh mereka juga mengalami perubahan yang baik.
Pada masa remaja awal, bagian otak yang terlibat dalam emosi, adalah amigdala, dan bagian otak yang terlibat dalam pemikiran yang lebih tinggi, adalah korteks, tidak sepenuhnya terhubung, dan sebagai hasilnya, mereka tidak berkomunikasi serta mereka akan melakukannya nanti di dalam kehidupan.
“Ini sangat umum bagi remaja, khususnya remaja awal, merasa tingkat emosi yang tinggi dan benar-benar tidak memiliki keterampilan banyak berurusan dengan emosi,” kata Whitlock.
Ketika otak anak-anak sepenuhnya berkembang, mereka mungkin belajar yang lainnya, seperti metode yang lebih positif untuk mengatasi emosi mereka, seperti berbicara dengan seorang teman, pergi untuk berlari, atau meditasi. Self-injury tampaknya menjadi perilaku kebanyakan remaja dalam tahap perkembangan, dengan sekitar 80 persen melaporkan bahwa mereka berhenti melukai diri dalam lima tahun pertama, menurut review Whitlock’s, diterbitkan di the May Issue of the journal PLoS Medicine
Dari sudut pandang praktis, self-injury merupakan perilaku yang mudah diakses untuk remaja yang mungkin memiliki kesulitan untuk menguasai narkoba dan alkohol.
Perbedaan gender
Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa self-injury adalah suatu perilaku yang lebih umum di antara anak-anak perempuan, tetapi studi terbaru menunjukkan lebih, bahkan perpecahan kedua gender. Sebuah studi mahasiswa oleh Harrison, ilmuwan Park Center, menemukan bahwa prilaku ini memiliki tingkat yang lebih tinggi pada laki-laki.
Namun, perempuan dan anak laki-laki akan menggunakan metode yang berbeda untuk melukai diri mereka sendiri.
Sebagai contoh, sebuah studi 2010 oleh Andover, dosen di Fordham, ditemukan bahwa perempuan yang lebih sering menggunakan pemotong sementara anak laki-laki lebih mungkin untuk membakar diri mereka sendiri. Para peneliti tidak yakin alasan perbedaan gender, tetapi menyarankan melibatkan gagasan bahwa beberapa metode cedera yang dianggap sebagai lebih maskulin, dan lain-lain lebih feminin.
Ini juga tidak jelas apakah jenis kelamin berbeda dalam mengapa mereka melukai diri sendiri di tempat pertama. Sebagai contoh, mungkin laki-laki mencari tampilan ketangguhan fisik dan bukan cara untuk mengatasi emosi. Namun, penelitian lebih banyak diperlukan di daerah ini.
Kurangnya pilihan pengobatan
Tidak ada pengobatan khusus untuk non-suicidal self-injury, meskipun teknik yang dikenal sebagai terapi perilaku dialektis, digunakan untuk gangguan kepribadian borderline, telah digunakan dengan beberapa keberhasilan.
“Perawatan ini sangat sangat intensif sekali,” kata Andover, dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang dengan non-suicidal self-injury.
Mayoritas pelaku self-injury mengatasi kemungkinan perilaku tanpa mencari pengobatan, Muehlenkamp berkata, akan tetapi pengobatan bagi mereka yang masih mungkin bisa membantu.
“Siapa pun yang terlibat dalam self-injury, bahkan jika satu saat dalam kehidupan mereka, mereka masih lebih banyak laporan mengenai banyak kesulitan dalam kehidupan mereka, secara psikologis [dan] sosial,” katanya. “Jadi, bahkan jika suatu saat Anda memiliki seseorang yang terluka oleh dirinya sendiri, mungkin bukanlah ide yang buruk bagi mereka untuk mempertimbangkan mencari beberapa jenis bantuan.”

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.